Sabtu, 25 Mei 2019

Music Technology Lifestyle

Entomology, Ada Musik Dari Dengungan Lebah

Penulis :
Selasa, 08/04/2014 00.00.00 | Dibaca: 1398




Entomology, Ada Musik Dari Dengungan Lebah


CompusicianNews.com –Sains - Burung-burung bernyanyi, lebah berdengung. Bunyi-bunyi ini terdengar jelas meskipun terdapat perbedaan penting. Seseorang yang tidak kita tahu dapat mengidentifikasi spesies burung melalui lagunya. Dan beberapa juga dapat mengidentifikasi suara lebah dengan trik yang sama.

Paul De Luca, dari Ithaca College di New York, Amerika Serikat telah membuktikan bahwa spesies lebah yang berbeda dapat berdengung dengan cara yang berbeda dan berkarakter. Dia dan rekannya Mario Vallejo-Marin dari Universitas Stirling di Inggris menjelaskan lewat1 jenis spesies lebah spesies lebah yang ia uji, ternyata memiliki dengungan yang berbeda, yang sudah pasti mereka gunakan untuk sebuah tujuan

Dr. De Luca  tidak mendengarkan lebahnya sendiri. Dia telah memiliki mesin untuk membantu eksperimennya ini. Mesin ini merekam frekuensi dan durasi dari 1289 dengungan dari beberapa jenis lebah yang disediakan oleh Dr Vallejo-Marin. Dia melihat pada perbedaan antara dengungan yang agresif dan saat para lebah ini sedang membuahi bunga yang mereka hinggapi.

Jenis lebah yang ia eksperimen berasal dari spesies Bombus pratorium yang dapat berdengung pada frekuensi 151Hz (Dibawah kunci D Sharp), kemudian jenis lainnya yang memliki kesamaan juga berdengung dengan frekuensi 214Hz ( Antara B dan C dalam oktaf diatas Bombus Proturium) selama kira-kira 2 ¼ detik.

Bombus Lapridus (Lebah berekor merah) mendengung paling lama ( lebih dari 7 detik) pada frekuensi 200Hz ( antara G dan a G sharp) dan Bombus terrestris (Lebah berekor tebal) mendengung dengan marah  pada frekuensi 248Hz (Solid B)  selama 4 detik. Saat mendengung untuk serbuk sari, meskipun Bombus pascuorum merendahkan frekuensinya menjadi 214Hz (A) dan menurunkan durasi dengungan menjadi satu detik, sementara Bombus terrestris mengubah dengungannya menjadi 289Hz (D) untuk ¾ detik saja.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda