Rabu, 20 Maret 2019

Music Technology Lifestyle

Ekko Dari Alberg Audio Memberikan Kebebasan Gitaris Mengontrol Efek Pedal

Penulis :
Senin, 01/09/2014 14.42.04 | Dibaca: 1766




Ekko Dari Alberg Audio Memberikan Kebebasan Gitaris Mengontrol Efek Pedal

gizmag.com


CompusicianNews.com –Instrumen- Aalberg Audio dari Norwegia telah mengembangkan pedal efek yang dikontrol remote untuk pertama kalinya untuk gitar elektrik. Bagian pertama dari ekuasi ini adalah pedal delay yang diberi nama Ekko yang dapat dihubungkan dari manapun darimana saja antara gitar dan amplifier yang hampir sama dengan stomp lantai lainnya. Lebih menarik lagi saat Aero penyertanya juga disertakan yang dapat ditempelkan pada gitar atau disematkan di strap gitar atau sabuk gitar dan secara nirkabel mengendalikan efek Ekko.

Inspirasi Aalberg ini muncul dari sebuah perdebatan yang memanas dengan sesama teman di tahun 2010. Selagi perdebatan berlangsung, pendiri perusahaan Rune Aalberg Alstad disadarkan bahwa semua pedal yang didiskusikan mengalami kerusakan fatal yang sama dan mereka memerlukan para pemain harus kembali ke spot yang sama di panggung dan mentweak nada atau mengaktivasi atau menonaktivasi Stomp.

Dia mengambil amplop dan memulai menulis dengan acak dan Aalberg Ekko serta sistem Aero dilahirkan. Dia kemudian melanjutkan menggunakan ide sebagai dasar gelar S2nya kemudian selebihnya mengembangkan sistem setelah ada pemasukan dana dari program inovasi pemerintah Norwegia. Dan 4 tahun berikutnya, sistem ini diproduksi secara masal dan diperkenalkan di acara-acara dan demo-demo musik.

 “Para gitaris telah menggunakan pedal efek yang berkabel begitu lama sehingga mereka telah terbiasa untuk mondar mandir di panggung hanya untuk mengganti efek saat ditengah-tengah lagu,” kata Aleksander Torstensen dari Aalberg. “Dan ini dirasa kurang nyaman karena jarak ke pedal cukup jauh dari jangkauan mereka. Solusi kami adalah ‘membebaskan’ yang artinya gitaris dapat mengakses semua efek kami dari jarak manapun tanpa harus mondar-mandir dan merupakan karya yang luar biasa untuk kreativitas dan begitulah saya rasa produk ini merupakan evolusi besar berikutnya dalam pedal efek.”

Ekko EK-1 digambarkan sebagai pedalsemi-analog dengan sample yang audio-ratenya berukuran 24-bit/48kHz. Alat ini mendukung stereo in/out, sirkuit bypass dan kontrol manual hingga 10 detik delay time, level dan feedback. Alat ini tanpa batrey jadi harus dihubungkan via kabel ke power supply, tapi semua parameter dapat dikontrol secara nirkabel menggunakan Aero Controller.

Kontrollernya yang berukuran 30 x 73 x 43 mmmemiliki fitur chip nirkabel bermuatan 2.4 GHz dari Nordic Semiconductor untuk berkomunikasi dengan pedal efek dan batrey yang dapat di-recharge. Remote ini dapat digunakan untuk menghubungkan ke 3 preset yang disimpan dan meletakan parameter stomp tweak pada ujung jari anda. Pengaturannya memungkinkan parapemain untuk memiliki kebebasan untuk bergerak di panggung adan masih dapat mengaktivasi dan mengontrol stomp efek peda yang dihubungkan ke pedalboard.

Untuk saat ini, revolusi efek pedal ini sedang masuk dalam penggalangan dana sebelum masuk dalam produksi masal. Aalberg saat ini telah meluncurkan kampanye pendanaan di Indiegogo dan alat ini direncanakan siap dipasarkan masal pada bulan Maret 2015.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda