Minggu, 26 Mei 2019

Music Technology Lifestyle

"Data is the New Oil": Bagaimana Industri Musik Memanfaatkan Globalisasi Data?

Penulis :
Senin, 09/05/2016 13.10.44 | Dibaca: 1322




"Data is the New Oil": Bagaimana Industri Musik Memanfaatkan Globalisasi Data?

http://www.trizzytech.com/


Compusiciannews.com - Industri - Jika di abad 18 minyak menjadi bisnis paling menjanjikan di berbagai belahan dunia, terjadi perubahan besar di abad 21 ini. Slogan 'data is the new oil' rasanya memang tepat untuk mewakili apa yang terjadi saat ini.

Di era ekonomi digital ini, data menjadi yang terpenting dibanding faktor-faktor lainnya. Dengan berbekal data, seorang pebisnis dapat menentukan produk hingga target market yang ingin disasar. Semakin banyak data yang didapat dan semakin pintar mengolah data tersebut, maka semakin banyak konsumen yang didapat dan semakin tinggi profit dalam sebuah bisnis. Salah satu yang paling kentara adalah yang terjadi di industri musik dunia.

Rasanya baru kemarin, ketika orang – orang mengatakan bahwa kehadiran internet akan menghancurkan industry musik yang sudah dibangun sejak dahulu kala. Beberapa tahun yang lalu industri musik mengalami kegagalan dalam menyamai gerak laju dari perkembangan teknologi, internet yang terus menerus digunakan membuat industri musik mengalami goncangan.

Pasalnya, dengan adanya internet, memanjakan manusia untuk mendapatkan informasi apa saja yang mereka inginkan, dengan praktis dan biaya relatif murah, bahkan bisa tanpa mengeluarkan uang sepersen pun. Tidak hanya informasi, hal itu juga berlaku di industri musik.

Dengan adanya kemudahan internet, manusia sekarang tidak perlu repot – repot lagi pergi ke toko kaset untuk mendapatkan musik yang mereka inginkan, mereka cukup mendownload saja dari internet, dan tidak perlu merogoh kocek dalam – dalam. Dengan demikian, industri musik pun mulai dipusingkan, yang tidak kuat bahkan bisa gulung tikar, dan yang kuat akan mampu mengikuti perkembangan teknologi, bahkan memanfaatkannya.

Industri musik lambat laun mulai mengikuti perkembangan, dan mengalami evolusi, dimulai dengan adanya revolusi dari Apple dengan aplikasinya yang melegenda, iTunes. iTunes seakan membawa angin segar bagi para penggiat industri musik. Mereka mulai menggunakan internet sebagai media mereka untuk menawarkan musik mereka. Kesuksesan Apple dengan iTunes ini seakan memberikan inspirasi bagi para teknokrat – teknokrat muda untuk berlomba – lomba membuat aplikasi berbasis musik streaming.

Streaming musik mulai berkembang, membawa suasana baru yang menawarkan kepada masyarakat cara mendapatkan dan mendengarkan musik yang mereka inginkan, dengan memberi mereka kemudahan dan juga memberi keuntungan bagi sang penggiat industri musik. Seakan menghubungkan antara pendengar dan musiknya, para penggiat streaming musik ini berani menawarkan fitur – fitur canggih yang tidak bisa didapat jika para pendengar mengunduh lagu secara illegal dan free, untuk mendapatkan fitur yang elegan ini, masyarakat dikenai biaya yang bervariasi macamnya, disinilah para penggiat industri musik mulai merasakan ‘hidup’ kembali.

Aplikasi berbasis streaming musik mulai berkembang sangat pesat, mulai dari sang pemrakarsa iTunes, lalu mulai bermunculan seperti Soundcloud, Pandora Music, Spotify, Netflix, dll. Tidak hanya musik yang mereka jual, mereka pun menjual musik beserta video klipnya, bahkan video live perform artis tersebut. Tentunya mereka memiliki strategi jitu dalam menanggulangi ilegalisme, mereka membuat dua versi video klip dan musiknya, untuk yang berbasis free download dan berbayar, tentu kualitasnya akan dibedakan, memanfaatkan perkembangan manusia di era sekarang yang sudah mulai memperhatikan kualitas.

Para rumah – rumah produksi rekaman era sekarang lebih kepada bagaimana mengerti konsumen, mereka akan memberikan apa yang konsumen inginkan, yang dahulu jika musik disebarkan melalui kaset, CD, dan VCD. Maka sekarang model yang populer di industri musik adalah memasarkan albumnya lewat layanan – layanan aplikasi streaming online.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda