Kamis, 23 Mei 2019

Music Technology Lifestyle

Dasar Koneksi MIDI : Kabel Dan Port

Penulis :
Jumat, 06/02/2015 15.01.01 | Dibaca: 42276




Dasar Koneksi MIDI : Kabel Dan Port

www.makemac.com


Compusiciannews.com -Hardware- Menyambungkan perangkat midi satu sama yang lainnya merupakan fungsi utama MIDI. Agar bisa saling terkoneksi memerlukan standar konektor. Spesifikasi MIDI  atau “MIDI Spec” memerlukan konektor khusus (5-pin ) atau yang dikenal dengan istilah “DIN” atau “MIDI DIN” tentunya diperlukan juga kabel  yang mendukung jack  5-pin “DIN”. “DIN” ini tersedia di pasaran khususnya di toko musik atau toko audio. Tidak perlu memerlukan merk tertentu atau khusus karena jack dan kabel untuk MIDI DIN bersifat universal yang bisa dipasang pada sebuah port.Terdapat tiga port standar yang digunakan dalam MIDI yaitu port IN, port OUT dan port Thru. Masing masing  port mempunyai fungsi khusus.

 

 

 

 

Gambar 1 Port MIDI

 

Ketika memainkan keyboard synthesizer, pesan MIDI dikirim oleh keyboard tersebut, termasuk pesan yang menyatakan nada apa yang sedang dimainkan kemudian dikirim melalui Port OUT. Pesan MIDI dari keyboard atau komputer diterima oleh Port IN. Contohnya adalah jika kita ingin menggunakan satu keyboard untuk mengendalikan keyboard kedua, kita memerlukan satu kabel yang tersambung dari port OUT keyboard 1 ke port IN keyboard 2. Melihat fungsi dan peran dalam model koneksi seperti ini bisa dikatakan bahwa keyboard 1 sebagai master dan keyboard 2 sebagai slave. Kabel MIDI lebih berbentuk unidirectional (satuarah) daripada bidirectional, oleh karena itu kita memerlukan kabel terpisah untuk MIDI IN dan OUT. Untuk menghindari kebingungan selalu ingatlah! Bahwa port  OUT selalu terkoneksi ke port IN. Untuk membalik sistem pengaturan sebelumnya contohnya keyboard 2 mengirim pesan ke keyboard 1 berarti kita menyambungkan port OUT keyboard 2 ke port IN keyboard 1

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2 Diagram Alur Koneksi Dasar MIDI

Port MIDI ketiga yaitu Port THRU, port THRU memungkinkan  satu keyboard dapat mengirim pesan kedua atau lebih keyboard yang digunakan. Contohnya jika kita ingin memainkan keyboard 1 dan sekaligus mengirim pesan ke keyboard 2 dan keyboard 3, hal yang pertama dilakukan adalah menyambungkan terlebih dahulu port OUT dari keyboard 1 ke port IN keyboard 2. Kemudian kamu sambungkan dengan koneksi port THRU keyboard 2 ke port IN keyboard 3

 

 

 

 

 

 

Gambar 3 Model Daisychain

Model multi koneksi yang saling terhubung antara satu perangkat MIDI dengan perangkat MIDI lainnya mengikuti sistem yang disebut daisychaining. Ini merupakan cara yang sering digunakan dalam era awal MIDI, daisychaining digunakan untuk mengendalikan multi MIDI dari satu perangkat synth atau sebuah komputer.

Koneksi Komputer

Komputer tidak memiliki fasilitas kabel  jack MIDI, meski demikian synth harus bisa terkoneksi dengan komputer. Umumnya koneksi perangkat ke komputer menggunakan port USB dan kabel USB. Untuk mengatasi hal tersebut beberapa produsen MIDI konektor membuat kabel USB adapter yang dapat melakukan konversi dari bentuk kabel MIDI DIN menjadi USB . Saat ini umumnya koneksi yang digunakan untuk MIDI keyboard kontroler maupun keyboard synth telah menggunakan port USB yang bersifat portable dan mobile musik (bisa berpindah pindah)  sehingga sebuah laptop dan pengendali MIDI keyboard dibuat lebih kecil dari pada bentuk keyboard aslinya.

Perangkat MIDI yang tidak terkoneksi langsung ke Komputer melalui USB memerlukan sebuah antarmuka MIDI (interface) dengan menggunakan jack MIDI standar.

 

 

 

 

 

 

Gambar 4 Komputer dan Keyboard Terhubung  Dengan USB MIDI Interface

Cara termudahnya adalah dengan menghubungkan ke komputer melalui kabel USB yang mempunyai satu MIDI port IN dan satu MIDI port OUT. Konfigurasi untuk menghubungkan pengendali MIDI  atau keyboard synth ke computer adalah melalui koneksi port OUT dari pengendali MIDI atau keyboard synth ke port IN pada interface atau antarmuka yang digunakan. Untuk menyambungkan synth atau modul untuk menerima pesan MIDI yang dikirim dari komputer, maka kita harus membuat koneksi dengan sebuah kabel dari port OUT antarmuka MIDI ke port IN synth atau modul. Berbagai macam antarmuka (interface) MIDI yang telah dibahas sebelumnya semunya hanya memiliki satu port MIDI IN dan port MIDI OUT. Untuk menyambungkan kelebih satu perangkat yang terkoneksi kekomputer maka dibutuhkan antarmuka (interface) MIDI multiport.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 5 Produk MIDI Pasaran

 

Sebuah multiport antamuka  (interface) MIDI adalah sebuah antarmuka eksternal yang memproses dan memiliki lebih darisatu port IN dan OUT. Meskipun masih memungkinkan untuk membuat koneksi ke komputer dengan menggunakan lebih dari satu modul memalui sistem daisychaining,Tetapi tidak memungkinkan untuk mengendalikan masing masing perangkat secara mandiri sepenuhnya dengan menggunkan cara daisychaining. Agar memiliki pengendali yang mandiri dari computer ke keyboard synth atau modul, maka yang perlu diperhatikan adalah bahwa computer harus terkoneksi ke keyboard synth atau modul dengan menggunakan kabel terpisah yang terpasang pada MIDI port OUT.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 6 Perangkat Multi Port MIDI Motu

Pengendali Alternatif

Pengendali MIDI yang disebutkan sebelumnya adalah keyboard kontroler, tetapi masih banyak cara untuk mengendalikan dan mengirim pesan MIDI ke komputer. Definisi umum untuk pengendali/kontroller  MIDI adalah sebuah perangkat yang merubah (konversi) aksi fisikal menjadi sebuah data informasi musikal yaitu pesan MIDI. Terdapat berbagai macam model pengendali MIDI yang beredar dipasaran dengan orientasi bukan berbentuk keyboard contohnya drum elektrik, drum pad, gitar midi , saxophone MIDI dan lain lain, bahkan yang tidak berbentuk alat musik seperti joy stick, wii remote, Microsoft kinect dan masih banyakl model model lainnya.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda