Rabu, 20 Maret 2019

Music Technology Lifestyle

Check This Out! QuNeo USB MIDI Controller

Penulis :
Kamis, 24/04/2014 03.01.39 | Dibaca: 2400




Check This Out! QuNeo USB MIDI Controller

askaudiomag.com


CompusicianNews.com – Perangkat – Perkembangan USB MIDI Controller didukung oleh banyak faktor, antara lain: kehadiran software instrument, penampilan DJ/VJ, serta perkembangan teknologi USB sehingga memungkinkan peralatan diciptakan dengan harga yang relatif murah.

Saat ini berbagai jenis Controller seperti diantaranya: Midi Fader Box, mesin drum, atau turntable vinil. Satu hal yang berubah yaitu adanya lampu LED warna-warni yang menghiasi controller tersebut.

Kesan Pertama :

QuNeo mengembangkan pads dengan berbagai bentuk dan ukuran dan setiap pad dilengkapi dengan variasi lampu led berwarna warni sehingga kelihatan sangat menarik. Ukuran alat ini sama dengan ukuran iPad, desainnya tipis sehingga sesuai dengan aksesoris iPad. Berat quNeo lebih ringan dibandin iPad 3, karena bahannya yang terbuat dari plastic, tidak menggunakan baterai dan lainnya. Peralatan ini bisa menyala karena USB dan soket Mikro USB.

QuNeo MIDI USB memiliki layout aneh pada padnya. Layout padnya sangat aneh namun bukan berarti tidak familiar. Pada areanya tampak didominasi oleh matriks 4x4 seperti mesin drum. Sedangkan sisanya diisi oleh garis-garis, tombol-tombol berpasangan dan sepasang disk melingkar yang biasa disebut rotaries. Tidak ada yang diberi label / tulisan. Namun semuanya menunjukkan tampilan yang sama, namun lebih konvensional. Tidak ada bagian yang bisa diubah-ubah seperti panel.

Pad yang ada akan memberikan respon dari tekanan yang diberikan. QuNeo dijual tanpa software atau dokumentasi apapun, namun pada leaflet terdapat keterangan untuk mendowload softwarenya. Faktanya QuNeo adalah Midi class-compliant yang akan memunculkan MIDI setelah anda menancapkannya.

Setiap pad “fader” memiliki 8 LED yang berwarna warni mulai dari hijau di bagian terendah hingga merah di bagian tertinggi, yang menandakan posisi tertentu. Meskipun LEDnya memiliki variable kecerahan, indikasi visualnya sangat indah. Fader horizontal panjang dibawah pads drum memiliki 17 LED, bagian pusatnya  berwarna biru. Fader ini mendukung gerakan dua jari untuk luasnya, meskipun demikian tidak mudah untuk mengendalikannya secara akurat pada saat bermain.

Terdapat lingkaran yang dapat dioperasikan seperti rotary encoders atau seperti tombol, keduanya baik mode encoder tak terhingga dan nilai absolute didukung. Posisi terkini diindikasikan dengan LED merah pada rim (terdapat 12 indikasi posisi), dan rim akan menyala ketika menyentuh dan memutar disc dengan jari.

Meskipun sangat tidak mungkin untuk menjelaskan tanpa menhubungkannnya dengan software monitor MIDI (atau membaca manual), setiap pad pada QuNeo sensitive terhadap tekanan. Setiap pad dapat menghasilkan indikasi tekanan, dan juga dapat mengeluarkan not  MIDI ketika ditekan.

Pad Drum dapat dioperasikan dengan dua mode, tekanlah padnya maka anda akan melihat LED menyala dari pojok. Setiap LED memiliki variable kecerahan dan bersinar untuk menandakan tekanan ang diberikan. Pindahkan jari anda di sekitar pad dan LED akan menyala dengan kecerahan bervariasi.

Seperti MIDI Keyboard kuno, QuNeo percaya pada pengaturan MIDI local. Ketika menekan tombol on, LED akan merespon tekanan pada pad, menunjukkan posisi fader, drum pad trigger, tombol tekan dan lainnya. Ketika mati, LED tidak akan menunjukkan reaksi apapun. Hal ini tergantung pada  software yang dugunakan. Fader akan menyala secara otomatis ketika ditekan.

QuNeo dapat memuat 16 Preset. Setiap preset menentukan pesan MIDI yang dikirimkan oleh tiap pad, Hidupkan atau kontrol local MIDI tiap grup, hidupkan atau matikan perukaran bank dan atur mode input pada pad.

Software Editor MIDI mengijinkan anda memodifikasi setiap detail MIDI, Editor juga mengijinkan anda untuk memodifikasi preset, menyimpannya pada QuNeo atau menyimpannya pada disk. Proses editing sangatlah mudah dan cerdas, teks yang muncul bervariasi berdasarkan tipe kontrol yang sedang diedit. Proses pengeditan tidak akan memberikan perubahan secara langsung sebelum anda menekan tombol Audition Preset.  

QuNeo memiliki desain yang sangat impresif :bentuknya yang mungil dan ringkas serta sangat canggih karena kontrol gesturnya, dan susunan LED warna-warninya membuat MIDI controller ini terkesan menawan dan futuristic. Materialnya yang terbuat dari plastic membuatnya mejadi ringan. Namun yang paling bagus adalah sensornya terhadap tekanan yang sangat responsive. Software pendukungnya juga sangat komprehensif sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengedit dengan mudah.  

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda