Minggu, 21 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Bemusiklah Dengan Pesan

Penulis :
Minggu, 05/10/2014 09.45.00 | Dibaca: 1970




Bemusiklah Dengan Pesan

Musik dan Pesan freepik.com


CompusicianNews.com -Sosial Budaya-Musik dalam realitasnya ada di semua strata masyarakat.  Dalam peradaban lampau sampai yang terkini musik setia mengawal sejarah manusia.  Di desa, kota, suku-suku terasing pun musik selalu hadir.

Keuniversalan musik terjadi karena musik bersinggungan langsung dengan satu elemen kehidupan manusia yang kita kenal sebagai bunyi atau suara.  Dalam kepercayaan agama samawi di percaya dunia terjadi karena "suara Tuhan".  Kekuatan dari bunyi dan suara dalam sejarah kitab-kitab kuno pun dituliskan mampu merobohkan tembok Yerikho.  

Musik memang sangat spiritual, filosofis, teknis, sekaligus indah.  Tapi terlepas dari definisi yang filosofis, musik tidak bisa dilepaskan dilepaskan dari bunyi/suara.   Sehingga seni untuk mendengar bunyi/suara menjadi jiwa dari musik. Bagi pemain maupun penonton harus bisa mendengar bunyi/suara itu dan memahaminya.

Akibatnya dalam pengertian yang sangat luas, musik bisa didefinisikan sebagai bahasa bunyi.  Bunyi sendiri ada yang audible dan tidak audible.  Yang audible ada di frekuensi 20-20.000hz.  Anjing, kelelawar, ikan Paus dan binatang-binantang tertentu justru memiliki telinga yang mampu mendeteksi bunyi/suara diatas (supersonik) atau dibawa (subsonik).  Luar biasa luas ketika kita belajar "ilmu bunyi"

Konsep seni mendengar ini begitu penting, tapi kadang jarang diajarkan dalam sekolah-sekolah musik formal.  Bukan sekedar mendengar chord progression dan menirukannya, tapi mampu mendengar "pesan" dari musik yang disajikan (decoding), atau mampu menyampaikan "pesan" dari penyajian musik sebagai penyaji musik (coding).

Kata kuncinya adalah pesan atau message apa yang hendak disampaikan kepada pendengar ketika seorang musisi menciptakan karyanya.  Karya-karya musik yang ada pesannya ini akan mampu menjadi langgeng karena bahasa bunyi ini bersifat universal dan eternal.  Pesan-pesan ini akan mampu ditangkap oleh orang-orang dalam perbedaan waktu, budaya, strata.  Bermusiklah dengan pesan!

 

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda