Sabtu, 25 Mei 2019

Music Technology Lifestyle

Belajar Sendiri Main Piano

Penulis :
Rabu, 17/12/2014 16.31.58 | Dibaca: 5873




Belajar Sendiri Main Piano

Kids Piano Apps play.google.com


CompusicianNews.com -Instrumen- Berbeda dengan gitar, piano awalnya adalah alat yang jarang dimainkan oleh kelas menengah kebawah. Harga yang premium membuat raja alat musik ini jarang di jumpai di rumah tangga sederhana. Apalagi di kampung-kampung, piano jarang terlihat tersedia.  Dengan sendirinya, hanya anak-anak tertentu yang dapat akses untuk belajar memainkan piano.

Tetapi sejak lahirnya portable piano seperti keyboard-keyboard arranger yang murah dan gampang didapat, peminat bermain piano/keyboard semakin meningkat.  Bahkan keberadaan akustik piano tidak lagi mendominasi.  Piano digital, keyboard, bahkan virtual instrument sudah mampu mengalahkan.  Atau tepatnya, masing-masing sekarang menemukan segmennya sendiri.  

Analogi yang bisa dipakai adalah mobil, sepeda motor, dan sepeda onthel.  Masing-masing adalah alat transportasi, ternyata sekarang masing-masing memiliki segmen sendiri.  Piano akustik, digital, keyboard, dan virtual instrument tidak akan saling mengkanibal, tapi akan terjadi titik equiliberium/keseimbangan di pasar.  Minat, daya beli, dan kebutuhan akan pendidikan musik yang nantinya akan ikut menentukan kue-kue masing-masing alat itu.

***

Setelah terjangkaunya alat musik "piano", akankah anak-anak kampung dapat luxury untuk belajar alat ini seperti gitar?  Kalau kita lihat, anak-anak jalanan yang ngamen, bisa memiliki ritme-ritme yang solid,dan tanpa teori-teori yang njlimet mereka mampu memainkan lagu-lagu yang asyik dengan gitar.  Kebiasan bermusik "ala ngamen" inilah yang sebenarnya bagus untuk dikembangkan.

Dalam bahasa pedagogi piano, cara bermain piano dengan pendekatan berdasarkan akor (chord-based approach) adalah cara yang sederhana tapi konseptual untuk belajar sendiri. Dengan hanya menghafal tiga akor dasar C, F, G di tangga nada C atau akor I, IV, V di semua tangga nada, pada dasarnya pianis pemula bisa memainkan mayoritas lagu pop yang ada.

Dengan kombinasi memainkan bass di tangan kiri, dan tiga akor utama di tangan kanan, kita mampu membuat seorang pemula tiba-tiba bermain piano bak professional.

Perhatikan tabel sederhana berikut ini :

Tangan Kiri
(not)
Tangan Kanan
(akor)
Akor Bentukan
C  C  C
D  F  Dm7
 G  Em7
 F  F
 G  G
 C  Am7
 D  Bm7-5

Dengan 7 akor bentukan itu kita bisa memainkan progresi-progresi utama lagu-lagu yang ada. Dikombinasikan dengan modulasi 12 tangga nada yang ada, maka sebenarnya sudah bisa memainkan lagu serumit apapun.  

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda