Kamis, 20 Juni 2019

Music Technology Lifestyle

BEKRAF Luncurkan Apikasi Pendeteksi Lagu "TELMI"!

Penulis :
Sabtu, 14/05/2016 12.00.00 | Dibaca: 1657




BEKRAF Luncurkan Apikasi Pendeteksi Lagu "TELMI"!

http://jurnalekonomi.co.id/


Compusiciannews.com - Distribusi - Dewasa ini, perkembangan musik di Indonesia sangat pesat, munculnya band – band dan musisi – musisi baru berbakat tengah menjadi tren. Ada ratusan lebih musisi dan band muncul setiap minggu dengan karya dan gaya – gaya musik khas masing – masing. Tetapi, berkembangnya musik di Indonesia tidak diikuti dengan kesadaran akan royalty terhadap para musisi atas karyanya, hasil karyanya tersebar bebas, dan diperdengarkan secara bebas, seakan karya – karya musisi Indonesia tidak ada harganya.

Melihat hal tersebut, Badan Ekonomi Kreatif disingkat BEKRAF berinisiatif membuat aplikasi terobosan baru. BEKRAF meluncul inovasinya bernama TELMI (Telinga Musik Indonesia), sebuah sistem aplikasi berbasis software computer untuk pendeteksi lagu yang sedang diputar. Secara sistematis TELMI dapat di install pada komputer, setelah di Install, kemudian memasukkan database berupa lagu – lagu, setelah itu outputnya adalah berupa pendeteksian lagu yang sedang diputar, baik dari pencipta lagunya, nama musisi atau bandnya, composer, dll.

Nantinya database tersebut dikirimkan kepada musisi – musisi yang bersangkutan, hingga mereka dapat memonitor lagu -  lagu mereka sedang diputar dimana, kapan, dan berapa kali diputar. BEKRAF menunjukan komitmennya untuk menunjang berkembangnya musik Indonesia, di wujudkan dengan TELMI ini, tujuannya agar masyarakat tahu dan tidak buta akan perhargaan kepada para musisi yang telah berkarya.

Rencananya TELMI ini akan dipasang ditempat – tempat umum, yang basisnya adalah tempat nongkron, seperti kafe, rumah makan, pusat perbelanjaan, hingga hotel, yang notabene tempat – tempat seperti itu yang sering memutarkan lagu – lagu sebagai salah satu fasilitas pelayanan. Bagi BEKRAF mensosialisasikan TELMI ini kepada pemilik – pemilik usaha rumah makan atau hotel tidaklah mudah dan perlu negosiasi ketat, pasalnya TELMI ini akan bersinggungan langsung dengan “dapur” tempat tersebut, mereka diminta agar menyerahkan data – data tempat usaha dan data – data lagu yang ada pada playlist tempat tersebut, butuh kesadaran dari kedua belah pihak soal pentingnya karya – karya anak bangsa.

BEKRAF sudah memiliki rencana untuk supaya terwujudnya visi TELMI ini, nantinya tempat – tempat usaha atau temapt umum yang memasang TELMI akan diberikan penghargaan atas dukungannya terhadap musisi – musisi Indonesia. TELMI merupakan sebuah inovasi penting dari pihak pemerintah kaitannya dengan karya anak bangsa, karena BEKRAF meyakini bahwa, semakin karya itu dihargai, maka akan semakin bersemangat musisi – musisi Indonesia untuk membuat karya, dan membuat Indonesia semakin dihargai pula oleh dunia Internasional, tentunya nanti akan berimbas kepada kesejahteraan masyarakatnya.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda