Senin, 15 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Audio Interface, Dasar Dari Musik Digital

Penulis :
Kamis, 17/04/2014 01.38.08 | Dibaca: 19230




Audio Interface, Dasar Dari Musik Digital

basic-home-recording-studio.com


CompusicianNews.com –Perangkat- Audio Interface merupakan perangkat yang dibutuhkan hampir di semua musisi komputer pada umumnya yang juga bisa disebut sebagai Sound Card External.

Audio Interface memperoleh semua audio input dan mengubahnya kedalam digital audio data. Meskipun terdegar frontal, audio interface ini dulunya merupakan bagian yang membingungkan saat seorang musisi komputer  merancang home studio barunya.

Bagian perangkat keras ini akan berakhir menjadi front-end untuk semua input yang digunakan dalam Home Recording Studio anda.

Digital Audio, Electrical Analog Audio, dan MIDI data akan hadir bersamaan dalam sonic melting pot yang besar ini. Perangkat ini bergerak sebagai penghubung pusat untuk semua jenis Audio Signal dalam pengaturan anda.

Dengan mengatasi semua sinyal audio input dan output dari sistem anda, perangkat ini menunjukan fungsi yang sama sebagai sebuah Sound Card pada komputer secara tipikalnya.

Perbedaan utamanya adalah Audio Interface secara tipikal memiliki mic preamp onboard yang menyediakan Phantom Power untuk mic condenser dan memiliki akses mudah untuk input dan output eksternal.

Jadi secara teknis, istilah Sound Card dan Audio Interface dapat digunakan secara bergantian.

Tapi untuk diskusi kita, mari definisikan Sound Card sebagai perangkat keras yang secara internal tertempel dikomputer anda, sementara Audio Interface studio merupakan perangkat keras eksternal yang terhubung via USB atau FireWire.

Meskipun terdapat banyak pilihan, terdapat 6 fitur utama untuk menjadi pertimbangan saat memilih Audio Interface, yaitu sebagai berikut:

  • Analog / Digital Converters

Fitur ini menyediakan kemampuan untuk mengambil sinyal elektrik dari mikrofon atau instrumen dan kemudian mengkonversikan kedalam sinyal digital yang dapat dimengerti komputer.

  • Jumlah  Microphone Preamps

Saat anda memilih Mic Preamp ini, pertimbangan kritisnya adalah berapa banyak microfon yang akan anda gunakan karena anda memerlukan mic preamp untuk setiap mic yang ingin anda rekam pada waktu yang sama.

Anda juga membutuhkan setiap mic level signal (seperti yang keluar dari  direct box) yang anda rencanakan dalam rekaman.

Contohnya, jika anda ingin merekam gitar elektrik dan bass via direct box dengan 2 mic untuk vocal, anda akan membutuhkan total 4 mic preamp input.

  • Jumlah  Inputs/Outputs

Beberapa instrumen seperti keyboard synthesizer dan drum maschine dapat ditambahkan via line level input. Ini berbeda dibanding mic input yang didata sebelumnya karena output instrumennya lebih kuat dibanding sinyal output kecil yang datang dari  mikrofon.

Input level line muncul dalam 2 selera yang berbeda:

Input satu menerima input untuk kabel instrumen ¼ dan lainnya dikenal sebagai jack kombinasi yang dapat mengambil baik instrumen ¼ atau kabel input XLR.

Kombinasi jack menjadi sangat popular karena fleksibilitasnya, tapi juga sedikit lebih mahal untuk para perusahaan manufaktur dalam menghasilkan.

  • Interface Type

Jenis interface mendefinisikan protocol untuk mentransmisikan data digital antara unit audio interface itu sendiri dan komputer anda.

  • MIDI Capability

Hampir semua MIDI Controller yang baru dapat dihubungkan ke pengaturan anda via USB sehingga ini dapat menjadi pilihan lain untuk menambah kapabilitas MIDI tanpa standar MIDI I/O.

  • Mixing Capability

Audio Interface mensinkronkan dengan perangkat mixing digital untuk memungkinkan anda mengubah track anda dengan cara yang sama yang seperti alat mixing fisik lakukan.

Selain mengubah knob fisik atau fader, anda bagaimanapun harus menyesuaikan knob virtual dan fader dengan mouse anda melalui software recording anda yang terasosiasi. Juga dapat memungkinkan untuk menggunakan konsol mixing yang terpisah dalam hubungannya dengan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)  yang menyediakan perangkat mixing.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda