Selasa, 23 Juli 2019

Music Technology Lifestyle

Angklung Otomatis Dipamerkan Dalam Rangkaian Harteknas 2016

Penulis :
Kamis, 11/08/2016 12.34.55 | Dibaca: 1417




Angklung Otomatis Dipamerkan Dalam Rangkaian Harteknas 2016

Angklung Otomatis Dipamerkan dalam Rangkaian Harteknas 2016 compusiciannews.com


Compusiciannews.com -Instrument- Rangkaian Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang ke 21 yang tahun ini diadakan di kota Solo, telah memberikan para insan pelaku inovasi kesempatan untuk berkarya sekreatif mungkin dan unjuk gigi. Sekitar 200 tenant ramai-ramai mempromosikan karya unik mereka, mulai dari inovasi pangan hingga yang bidang mekanis.

Salah satu tenant dari Politelnik Mekatronika Sanata Dharma Yogyakarta memamerkan hasil riset dosen berupa Angklung Otomatis dimana angklung ini secara otomatis dapat bermain sendiri membentuk nada lagu dengan sendirinya. Ditemui oleh Tim Compusician di tenant acara setelah sesi pembukaan Hari  Kebangkitan Teknologi Nasional, Anita Theresia Liesdijanti., S.Psi selaku Humas dari Politeknik Mekatronika Sanata Dharma menjelaskan bahwa angklung ini dirancang dengan micro controller yang dapat memainkan nada-nada dari setiap lagu yang diputar dalam format MIDI.

Dijelaskan pula mengapa hanya MIDI yang bisa diputar, dikarenakan format MIDI dapat dapat dideteksi durasi dan nadanya sehingga dapat dibaca oleh kontroler atau motor penggerak supaya angklung ini dapat secara otomatis memainkan instrumennya sendiri. ini adalah karya riset dosen yang proses pembuatannya memakan waktu 1 tahun dan angklung yang dipakai ada sekitar 28 buah angklung dengan nada masing-masing 2 ½ interval dan angklung ini dapat memainkan semua jenis lagu selama dalam format MIDI.  

Selain memamerkan Angklung Otomatis, Politeknik Mekatronika Sanata Dharma juga menunjukan hasil karya inovasi lainnya, salah satunya adalah mesin pelukis batik otomatis dan karya ini adalah tugas akhir mahasiswa yang dikerjakan 2 orang dan telah ditunjukan saat sidang pendadaran.

Rangkaian Harteknas 2016 di Solo masih berlanjut hingga 13 Agustus 2016 mendatang dan ada sekitar 200 tenant yang unjuk gigi hasil inovasi mereka dengan fungsionalitas  yang unik sesuai dengan bidang riset yang difokuskan. Berikut ini video YouTube Angklung Otomatis yang diunggah oleh pihak Politeknik Mekatronika Sanata Dharma Yogyakarta

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda