Rabu, 20 Maret 2019

Music Technology Lifestyle

Akuisisi Katalog Lagu Label Indo Semar Sakti, Warner Music Group Siap Kuasai Pasar Asia

Penulis :
Rabu, 08/06/2016 10.41.05 | Dibaca: 1506




Akuisisi Katalog Lagu Label Indo Semar Sakti, Warner Music Group Siap Kuasai Pasar Asia

latimesblogs.latimes.com


Compusiciannews.com -Industri- Warner Music Group (WMG) kembali mengambil langkah prestius sebagai langkah awal menguasai pasar Asia. Setelah pada 2014 mereka membeli Roster artis dan katalog rekaman musik Gold Typhoon Group, salah satu perusahaan musik terbesar di China, baru-baru ini WMG juga telah resmi menandatangani kontrak pembelian katalog dari label besar Indonesia PT. Indo Semar Sakti.

Pengumuman ini disampaikan belum lama ini melalui situs resmi Warner Music Group. 

Di era 1970-an, 1980-an dan 1990-an PT. Indo Semar Sakti menjadi salah satu label terbesar di Indonesia dengan membawahi musisi-musisi lawas seperti 2D, Kris Biantoro, 3 Dara, Rien Djamain, Chris Kaihatu, Ermy Kullit, Utha Likumahua, Ita Purnamasari, Paramitha Rusady, Margie Segers, Yuni Shara, Cici Sumiati, Lilis Suryani, Bob Tutupoly dan Johan Untung. 

Dengan penandatangaan kontrak pembalian katalog ini, lagu-lagu lawas dari para musisi kenamaan yang ada dibawah naungan PT. Indo Semar Sakti, akan di digitalisasi untuk pertama kalinya. 

PT Indo Semar Sakti didirikan pada 1974 dan memayungi beberapa label rekaman seperti Aruna, Billboard, Bulletin dan Granada Records. Total roster yang dimiliki semua label tersebut berjumlah ratusan lagu dan memuat 40 bintang ternama tadi. Pembelian ini akan membawa WMG memiliki amunisi yang cukup untuk menjangkau pasar yang lebih luas di Indonesia dan Asia.

Presiden Warner Music Asia, Simon Robson menyampaikan, “Teknologi digital membantu membuka kesempatan hebat yang dipunyai Indonesia, dimana sebelumnya pembajakan menghalangi kami untuk berinvestasi di musik lokal. Kerja sama ini menguatkan posisi kami di Indonesia, membantu kami ikut menjaga warisan musikal yang kuat di negara tersebut dengan membawa repertoar yang kaya kepada generasi baru penggemar musik.”

Stu Bergen, CEO dari International and Global Commercial Services for Warner Music Group, menjelaskan: “Dunia ini dipenuhi dengan banyak talenta dan dimanapun ada pasar musik lokal yang menjanjikan, kami selalu berusaha untuk membantu dengan kemampuan WMG untuk mengembangkan karier banyak artist.” Ia melanjutkan,”Kerja sama ini akan memungkinkan kami untuk menciptakan kesempatan baru bagi artis Indonesia dan memperluas jangkauan kami di Asia dalam usaha kami untuk menumbuhkan pengaruh global.”

Menurut rilis resmi WMG, pendapatan industri rekaman musik di Indonesia meningkat hingga 24,2 persen pada 2015, salah satunya didorong oleh pertumbuhan pembelian musik digital yang mencapai hampir 70 persen.

Belum lama ini WMG juga mengakuisisi platform digital asal Swedia : X5. Sepertinya tahun ini WMG benar-benar ingin menginvansi industri musik.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda