Minggu, 26 Mei 2019

Music Technology Lifestyle

5 Istilah Komputer Musik Berawalan Huruf K

Penulis :
Selasa, 13/05/2014 10.00.34 | Dibaca: 5566




5 Istilah Komputer Musik Berawalan Huruf K

wall321.com


CompucisianNews.com – Pendidikan – Mengenal dunia komputer musik, alangkah baiknya jika anda memahami istilah-istilahnya terlebih dahulu. Berikut 5 istilah dunia musik yang berawalan huruf K, yaitu:

Key (Kunci)

Kunci dalam musik mengacu pada bunyi nada tertentu dan chord (paduan nada) contohnya serangkaian bunyi yang membentuk nada tertentu. Meskipun kunci biasanya dideskripsikan oleh tangga nada, sebenarnya hal itu tidak selalu akurat, karena kunci dapat berubah tanpa perubahan tangga nada, melalui naik turunnya nada. Dan juga terkadang kunci ada yang major dan minor yang tidak diperlihatkan pada tangga nada contohnya A minor dan C major menggunakan tangga nada yang sama namun memiliki paduan nada yang berbeda.

Keyboard (QWERTY)

Keyboard QWERT yang merupakan metode utama dalam entri ke computer digunakan di berbagai keyboard baik dalam bentuk fisik maupun virtual. Kebanyakan DAW mengijinkan anda menggunakan Keyboard QWERTY sebagai keyboard music, khususnya 2 baris dari atas mengeluarkan data nada MIDI pada layout sedekat mungkin pada kunci hitam putih pada keyboard music, dan baris yang paling bawah memungkinkan pengaturan naik turunnya oktaf dan kecepatan., 

Keyboard MIDI

Ketika alat synthesizer atau piano digital dapat menghasilkan data MIDI, Keyboard MIDI seperti yang kita ketahui merupakan model lama yang tidak memiliki suara onboard. Sedangkan Keyboard Piano yang dapat terhubungn dengan MAac, PC, iPad dan lainnya menggunakan USB kemudian mengirim MIDI ke pengendali data DAW dan instrument virtual lainnya yang beroperasi bersama.

Kick Drum

Kick Drum biasa dikenal dengan Bass Drum, Drum ini terletak di bawah depan pemain drum yang dimainkan dengan pedal kaki. Drum ini biasa digunakan menekankan pukulan pertama dan ketiga ketika senar menghantam pada pukulan dua dan empat. Sebenarnya Suara Kick Drum tidak hanya muncul pada kick drum, akan tetapi bisa juga dihasilkan melalui mesin drum, synths dan  lainnya. 

Kilohertz (kHz)

Didefinisikan sebagai “jumlah putaran / siklus per detik dari fenomena tertentu, Hertz merupakan unit frekuensi satuan pada Sistem Internasional (SI). Sedangkan Kilo Herzt berarti 1000 Hz, sehingga kita sering menemukan kata 44,1 kHz jika dibandingkan dengan 44.100 Hz. Gelombang suara nada didefinisikan dengan frekuensinya dalam Hertz atau Kilohertz.   

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda