Sabtu, 25 Mei 2019

Music Technology Lifestyle

2 Pengajar SMI Alam Sutera Hasilkan Video Klip Original

Penulis :
Minggu, 31/08/2014 14.26.06 | Dibaca: 3953




2 Pengajar SMI Alam Sutera Hasilkan Video Klip Original

Liputan Advertorial


CompusicianNews.com –Pendidikan- Sekolah Musik Indonesia atau SMI kembali membuat sebuah karya original, 2 pengajar dari SMI Alam Sutera menjajal kebolehan mereka dengan membuat sebuah video klip yang berjudul ‘Menunggumu.’ Penampilan duo guru SMI yang menamakan diri mereka Strovic yang terdiri dari Ayes (vokal) dan Martfi (keyboard) ini telah mengunggah video mereka di situs meetthelabels, situs yang merupakan gabungan dari beberapa label-label besar Indonesia, seperti Sony Music Entertainment, Universal Music Indonesia, Warner Music Indonesia, dan masih banyak lagi dimana situs ini hadir sebagai wadah bagi para musisi indie yang ingin mengolah passion dan bakat mereka supaya bakat sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam meramaikan belantika musik tanah air.

Ayes dan Martfi dalam kesehariannya merupakan pengajar di SMI Alam Sutera, Ayes mengajar vokal dan Martfi mengajar keyboard / Piano dan mereka berdua adalah lulusan dari Fakultas Seni Pertunjukan, Universitas Satya Wacana Salatiga.

Berikut ini wawancara eksklusif Compusician (CN) dengan personel Strovic (SV)

 

CN:  Lagu Strovic ‘Menunggumu’ ini menceritakan tentang apa?   

SV: Lagu ini menceritakan tentang kisah seorang pemuda yang ditinggal mati oleh kekasihnya karena sebuah penyakit. Karena begitu besar rasa cintanya kepada sang kekasih, pemuda tersebut menutup diri untuk cinta yang lain & lebih memilih untuk “Menunggu” sang kekasih yang telah meninggal walaupun itu tidak mungkin. Namun, pemuda ini memiliki keyakinan bahwa suatu saat nanti panantiannya akan terjawab di kehidupan selanjutnya.

 

CN: Apa arti dari ‘Strovic’ itu?

SV Strovic mulai terbentuk pada bulan September tahun 2008 di kota Salatiga, dengan personil Ayes sebagai vokalis dan Marthfi sebagai keyboardis. Semenjak grup ini terbentuk, Strovic lebih sering menggubah lagu ciptaan sendiri. Strovic pun pernah tergabung dalam salah satu album kompilasi yang bernama Salatiga Indiekustik pada tahun 2011 melalui single pertama kami “Menunggumu”.

Nama “Strovic” diambil dari sebuah istilah bentuk musik yaitu strophic song yang mulai digunakan pada abad 17 di Perancis sampai abad 19 di Jerman. Strophic song berasal dari bahasa Yunani yaitu strophe yang memiliki arti “turn”(berbalik/kembali). Berangkat dari arti kata tersebut maka bentuk dari strophic song adalah A – A – A dimana setiap bagian dari music memiliki bentuk yang sama baik itu melodi, dan ritme. Namun dibalik bentuk musik yang selalu sama disetiap bagiannya strophic song memiliki lirik yang berbeda disetiap bait. Selain itu, lirik yang digunakan dalam bentuk musik ini sangat puitis. Sehingga tidak jarang strophic song menggunakan puisi sebagai lirik, yang biasa dikenal dengan istilah stanza. Salah satu komposer yang menciptakan lagu dengan bentuk strophic song yaitu Franz Schubert di abad 19. Franz Schubert banyak menggubah strophic lieder di Jerman dan salah satu karyanya berjudul Heidenroslein. Heidenroslein merupakan puisi dari seorang pujangga Jerman bernama Johann Wolfgang von Goethe. Puisi ini menceritakan seorang pemuda yang ditolak cintanya, dan wanita dalam puisi ini diilustrasikan sebagai sebuah mawar. Dengan demikian Strophic song merupakan bentuk music yang menitik beratkan pada lirik yang romantis.

Strovic memiliki bentuk musik yang berbeda dengan bentuk strophic song. Hal ini disebabkan karena kami mengikuti bentuk musik yang sedang trend pada saat ini, dimana biasanya dalam sebuah lagu terdapat bait, reff, dan kadang terdapat bridge atau coda. Walaupun demikian Strovic tidak menghilangkan unsur terpenting dari strophic song yakni lagu yang menitik beratkan pada syair yang romantis.

CN: Apa harapan Strovic kedepan?

SV: Melalui single pertama Strovic ini, kami berharap dapat menghibur penikmat musik Indonesia dan juga ikut memeriahkan belantika musik Tanah Air. Selain itu, kami juga berharap para penikmat musik tidak bosan & terus menunggu lagu-lagu Strovic berikutnya.

Biodata

Martfi

Nama                         : Martfi Kalipung

Lahir                          : Dili (Timor Leste), 4 September 1985

Pendidikan Terakhir  : Strata 1 (S1) Fakultas Seni Pertunjukan Jurusan Komposisi, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

 

Ayes

Nama Lengkap          : Ayes D.S Anindita

Lahir                         : Semarang, 25 Oktober 1984

Pendidikan Terakhir : Strata 1 (S1) Fakultas Seni Pertunjukan Jurusan Komposisi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

 

Berikut ini video dari Strovic 'Menunggumu'

 

 

loading...




nilai

Berkualitas
1


Berita Terkait :

Komentar Anda