Rabu, 24 Januari 2018

Music Technology Lifestyle

Pagelaran Seni Teater Blackbox Institut Seni Surakarta

Penulis :
Kamis, 11/01/2018 16.17.42 | Dibaca: 257




Pagelaran Seni Teater Blackbox Institut Seni Surakarta

Foto Oleh : Yonathan Dedi Kurniawan


Compusiciannews.com - Panggung-  Rabu, (10/01), Teater Blackbox, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta menampilkan drama thriller Death and The King Horseman (Penunggang Kuda Raja) karya Wole Soyinka. Drama yang berasal dari negara Nigeria diangkat dari kisah nyata pada masa penjajahan Inggris, menceritakan tentang enunggang kuda Raja dari Yoruban yang dicegah untuk melakukan ritual bunuh diri oleh penjajah dan penguasa colonial Inggris saat itu.

Drama ini di sutradarai oleh Silas Maro Emovwodo, seorang mahasiswa program Darmasiswa, Institut Seni Indonesia Surakarta yang berkebangsaan Nigeria. Tujuan dari drama ini ialah menginformasikan kepada seluruh masyarakat apa yang terjadi di Nigeria saat ini, ia meyakini bahwa drama adalah media komunikasi yang sangat tepat untuk meyalurkan informasi kepada khalayak ramai. Selain itu Ia juga beralasan bahwa bermain teater telah digunakan sebagai media untuk menyadarkan masyarakat di negaranya akan bahaya HIV dan AIDS di Nigeria saat ini.

Ia menyebutkan kesulitan dalam naskahnya kali ini adalah mencampurkan budaya Nigeria (Africa) dan Budaya Jawa (Indonesia) saat ini, ia menghadapi kesulitan saat melakukan pendalaman karakter dimana ia dan kru nya harus benar benar paham apa inti dari drama Death and The King Horseman karya Wole Soyinka ini. Ia mengatakan memerlukan 3 minggu untuk mendapatkan karakter dari para pemain pemainnya tersebut.

Namun dibalik kesulitan dalam proses drama tersebut, akhirnya ia berhasil memadukan budaya drama yang berasal dari budaya yang benar benar berbeda  dan menjadi lebih mudah dipahami oleh para penontonnya.

Drama ini berlangsung selama kurang lebih 15 menit dan menggunakan bahasa Inggris dan sebagian besar bahasa Indonesia.

 

Reporter:

Lukman Bayu Tresnadi 

Yonatan Dedi Kurniawan

 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda