Rabu, 22 November 2017

Music Technology Lifestyle

Jokowi, Bapak Industri Kreatif Indonesia

Penulis :
Senin, 16/06/2014 11:58:49 | Dibaca: 6783




Jokowi, Bapak Industri Kreatif Indonesia

indonesiakuhebat.wordpress.com


CompusicianNews.com –Isu Terkini- Debat Capres 2014 kedua yang ditayangkan pada hari minggu (15/06) kemarin telah berlangsung. Dalam debat itu, masing-masing Capres menyuarakan agendanya untuk kesejahteraan rakyat dibidang ekonomi dan terlontar dari mulut Capres dengan nomor urut 2, Joko Widodo atau yang kerap disapa Jokowi dimana dia berbicara mengenai industri ekonomi kreatif dan dalam debatnya mengenai visi misi kesejahteraan rakyat, agenda Jokowi salah satunya adalah meningkatkan industri kreatif sebagai salah satu kunci kesejahteraan masyarakat.

Industri kreatif sendiri merupakan sektor yang kurang mendapat perhatian dan Jokowi tercatat menjadi Capres pertama yang menggunakan istilah itu.

Di sela-sela kampanye Jokowi di Papua pada tanggal 5 Juni 2014 lalu, Jokowi menjelaskan kepada media bahwa sebenarnya banyak sumber daya manusia Indonesia yang memiliki potensi di bidang industri kreatif, misalnya dalam pembuatan animasi, komik dan clothing.

"Komik, animasi, film, kaus sudah sampai ke luar negeri. Itu orang-orang kita yang buat. Itu yang mau kita angkat," janji Jokowi.

Jokowi mengatakan, selama ini insan-insan industri kreatif bergerak serta berkembang atas usahanya sendiri, bukan atas bantuan dari pemerintah. Padahal, jika pemerintah turut serta dalam pengembangan industri kreatif, hal ini dapat memberikan keuntungan lebih.

"Pasarnya saja ada kok, semuanya sudah jelas. Hanya memang tak diberi ruang perhatian," lanjut Jokowi.

Sebenarnya banyak produk industri kreatif hasil karya anak bangsa yang telah menjelajah pasar tingkat dunia tetapi tidak bisa maksimal karena kurangnya pembinaan dari pemerintah untuk pengemangannya

Sebagai bentuk aksi dari program peningkatan industri kreatifnya, ia berjanji akan menggunakan produk-produk industri kreatif sebagai media berkampanye pada PilPres yang akan diadakan pada tanggal 9 Juli 2014 mendatang.

"Kita kampanye melalui ide, gagasan kreatif. Ada game, komik, dan lain-lain. Kita itu ingin menunjukkan industri kreatif di Indonesia bisa sangat menjanjikan," lanjut Jokowi.

Sebelumnya, sejumlah relawan membuatkan media kampanye bagi Jokowi. Ada yang membuat game dengan ikon Jokowi, ada juga yang membuat kaus bergambar Jokowi. Yang terbaru, ada wajah Jokowi di sampul komik asal Belgia, Tintin.

 

kompas.com 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda