Rabu, 22 November 2017

Music Technology Lifestyle

Spotify dan Sony Music Sepakat Bekerja Sama

Penulis :
Jumat, 14/07/2017 13:49:59 | Dibaca: 254




Spotify dan Sony Music Sepakat Bekerja Sama

lessthan3


Compusiciannews.com -Isu Terkini- Spotify akhirnya membuat kesepakatan bisnis dengan Sony Music Entertainment.

Financial Times melaporkan bahwa Sony setuju untuk mengurangi royalti dengan syarat bahwa Spotify harus membayar imbalan atas layanan streaming untuk restricted new album bagi pengguna berbayar selama dua minggu sebelum menawarkan akses ke pengguna yang tidak menggunakan akses berbayar. 

Pihak Spotify masih membicarakan tentang proyek royalti streaming ini dengan pihak Warner Music Group. Belum ada kepastian tentang jawaban pasti dari pihak Warner Music Group. Proyek royalti streaming ini sangat sangat krusial untuk Spotify karena perusahaan tersebut masih belum menghasilkan keuntungan hingga sekarang.

Dikabarkan bahwa Spotify mengalami kerugian operasi sebesar £ 349 Milyar euro, meskipun pendapatan naik 50% hingga £ 2,6 Miliar 

Sony merupakan perusahaa yang masuk list utama untuk diajak bekerja sama. Sony  telah mengeluarkan artis-artis top seperti Adele, Beyonce, dan Shakira. Kesepakatan dengan Sony Music memberikan jalan lebar pada perusahaan streaming musik Swedia ini, yang bernilai $ 13 miliar (£ 10 miliar) awal tahun  2017, untuk menjadi bagian dari pasar saham Amerika di tahun 2017 atau di awal 2018 mendatang.

Pada bulan April, Spotify telah menandatangani persetujuan dengan Vivendi's Universal Music Group untuk proyek multi-year licensing dengan jangka waktu yang sama untuk album baru yakni 2 minggu. Spotify juga telah menandatangani kontrak dengan agensi digital bernama Merlin, yang membawahi 20,000 lebih label-label independen.

Spotify telah menangkis persaingan dari Apple Music, dengan berhasil memperbanyak pelanggan berbayarnya yang berjumlah hampir dua kali lipat dari pelanggan berbayar Apple Music Pada bulan Maret, Spotify mengatakan bahwa pihaknya memiliki lebih dari 50 juta pelanggan berbayar dan 140 juta pengguna aktif, termasuk pendengar gratis. Sedangkan dari pihak Apple melaporkan, pelanggan mereka naik dari 20 juta (Desember 2016) menjadi 27 juta (Juni 2017). 

Spotify pernah diboikot oleh beberapa artis musik papan atas karena mereka menilai bahwa layanan gratis di Spotify akan melemahkan nilai karya-karya mereka.  Namun, menurut para analis, kesepakatan-kesepakatan yang dibuat Spotify dengan label-label lain telah berhasil mengurangi ketegangan tersebut.

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda