Kamis, 23 Maret 2017

Music Technology Lifestyle

Profesor di Polandia Ciptakan Metode “StegIbiza” Sebagai Metode Encode Pesan dalam Musik Pesta

Penulis :
Rabu, 14/09/2016 9:00:00 | Dibaca: 544




Profesor di Polandia Ciptakan Metode “StegIbiza” Sebagai Metode Encode Pesan dalam Musik Pesta

http://www.digitaltrends.com/


Compusiciannews.com -Sains- Sebuah format musik kriptografi yang disebut “Steglbiza” yang menyembunyikan pesan didalam bentuk unik dari musik trance. Dalam penjebolan terkini, Krzystof Szczypiorski, seorang professor di Universitas Teknologi Warsawa, Polandia telah membuat sebuah kemajuan bentuk musikal kriptografi dengan mengembangkan teknik yang menembelkan pesan kedalam musik trance.

Dengan menyembunyikan pesan-pesan rahasia didalam sebuah karya, seperti komposisi musikal, bukanlah sesuatu yang baru. Banyak orang telah menggunakan teknik steganografi sejak abad ke-16 silam, saat Paus Benedict Johannes Trithemius menyembunyikan treatise-nya pada kriptografi dalam buku magisnya dan saat ini para peneliti mencoba untuk mennyandikan pesan-pesan yang ada dalam musik digital.

Sczypiorski menggunakan variasi dalam tempo untuk menyandikan pesan-pesan rahasia di sebuah klub music dance di Ibiza, sejenis musik yang berasal dari Kepulauan Balearic Island yang dikenal dentuman-dentuman kerasnya. Dia menggunakan tempo yang berubah-ubah sebagai kode morse digital. Tempo yang berubah-ubah ini ditambahkan ke lagu menggunakan software dari Apple, yaitu LogiX Pro dan digunakan untuk mengeja kata. Hal ini begitu mudah diterapkan dan Szczypiorski mengharapkan seseorang dapat membuat software yang memperkenalkan tempo-tempo yang berubah secara otomatis.

Tekniknya begitu mudah dan bahkan pendengar dapat mendeteksi perubahan tempo-tempo ini dengan hanya mendengarkan musiknya saja saat di acara pesta. Saat menggunakan metode ini, Sczypiorski menemukan bahwa dia dapat mengubah tempo dan orang yang tidak tahu tentang musik bisa dengan mudah mendeteksi perubahan yang terjadi. Szczypiorski menyebutnya sebagai teknik “StegIbiza” yang dia namai sesuai nama musik asalnya.  Berikut ini contoh dari teknik Kriptografi yang dikembangkan oleh Prof. Szczypiorski

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda

  • Terbaru
  • Terpopuler