Sabtu, 23 September 2017

Music Technology Lifestyle

Despacito Membuat Ekonomi Puerto Rico Meningkat

Penulis :
Senin, 17/07/2017 10:11:19 | Dibaca: 228




Despacito Membuat Ekonomi Puerto Rico Meningkat

vix.com


Compusiciannews.com - Industri - Siapa yang tidak mengenal lagu Despacito yang sering terdengar di radio, cafe, maupun pusat perbelanjaan belakangan ini. Selain melambungkan kembali nama Luis Fonsi, Daddy Yankee, dan tentu saja Justin Bieber, lagu ini ternyata ikut andil dalam meningkatnya perekonomian Puerto Rico.

Menurut laporan Un Nuevo Dia, minat wisatawan untuk mengunjungi Puerto Rico meningkat pesat hingga 45 persen setelah lagu Despacito menjadi hits di seluruh dunia. Sang sutradara memang mampu dengan baik menyajikan citra tropis  dan keindahan negara kelahiran Luis Fonsi dan Daddy Yankee tersebut. Para wisatawan tertarik untuk melihat secara langsung keindahan alam dan keunikan budaya Puerto Rico sebagaimana yang digambarkan pada video clip Despacito.

Beberapa tempat yang terdapat pada video klip tersebut mampu menimbulkan rasa penasaran wisatawan, seperti La Factoria Klub di San Juan dan distrik La Perla. La Factoria klub sendiri pernah masuk dalam lima puluh bar terbaik di Dunia, dan menempati posisi ke tiga puluh satu. Sedangkan La Perla merupakan sebuah distrik di pesisir pantai yang muncul pada bagian awal pada video klip tersebut.

Penggalan lirik dalam lagu tersebut yang berbunyi, This is how we do it down in Puerto Rico, semakin menegaskan gaya hidup Amerika Latin yang membuat penasaran dan menarik wisatawan untuk berkunjung. Dilansir Billboard, operator tour di Puerto Rico akhirnya memasukkan beberapa area dan tempat yang ada dalam video klip di dalam tour mereka, seperti klub La Factoria di sektor Old San Juan dan La Perla.

Berita ini tentu bagaikan angin segar untuk Puerto Rico. Pasalnya wilayah persemakmuran Amerika tersebut sempat mengumumkan kebangkrutannya pada Mei 2017 lalu. Hal ini disampaikan langsung oleh Gubernur Puerto Rico Ricardo Rosello yang menyatakan jika kebangkrutan disebabkan oleh rekstrukturisasi hutang yang disinyalir mencapai $70 billion atau setara dengan Rp937 trilliun.

Melihat kesuksesan yang demikian, Luis Fonsi menanggapi dalam akun instagram pribadinya.

"Betapa senangnya membaca berita ini di media internasional. Puerto Rico adalah tokoh utama dari lagu dan video ini," tulisnya dalam bahasa Spanyol.

Dalam unggahannya, Luis juga mengucapkan terima kasih kepada Yankee, Zuleyka Rivera (Miss Universe 2006) selaku model di video klip tersebut, dan sang sutradara, Carlos Perez dari Elastic People.

Berkat lantunan musik yang earcatchy dan juga bahasa Spanyol yang tidak biasa, membuat video Despacito telah disaksikan lebih dari 2,5 Miliar sejak diposting 12 Januari 2017. Selain itu Despacito berhasil mencetak rekor video musik bahasa Spanyol yang paling banyak ditonton dan menjadi lagu berbahasa Spanyol pertama yang memuncaki Billboard Hot 100 setelah Macarena pada 1996. 

loading...




nilai



Berita Terkait :

Komentar Anda